Sabtu, 03 Maret 2012

Bisnis Online : Jadi Alternatif untuk memulai usaha Tanpa Modal


Dikalangan kita berlaku paradigma umum, kalau kita memulai usaha yang jadi pertanyaan awal adalah ada modal tidak? Memang pertanyaan itu tidak sepenuh salah dan tidak sepenuhnya benar. Yang jadi persoalan bentuk usaha seperti apa yang diinginkan. Kalau usaha ritel atau usaha jasapun mesti ada modal. Misal mau buka warung baksopun kita harus ada modal untuk bikin gerobak, peralatan masak dan  modal awal untuk dijual.



Saya pernah mengikuti tutorial bisnis yang membuka pikiran saya, bahwa jika mau buka usaha tidak harus dengan modal. Bukan tutorial dalam bentuk e-book atau via internet melainkan semacam Stadium General dari seorang mentor bisnis dan sekaligus bisnisman yang boleh dibilang masuk dalam jajaran 50 pengusaha sukses, yaitu bapak Purdie E. Chandra pemilik brand Primagama sebuah lembaga bimbingan belajar terbesar di Indonesia. Disini bukan membahas siapa beliau ini tapi saya hanya berbagi pengetahuan tentang memulai usaha. Khusus tentang bapak Purdie E. Chandra silakan baca biografi dan sepak terjangnya. Khusus tentang memulai bisnis didunia nyata nanti kita akan bahas tersendiri pada artikel lain. :)

Setelah saya menjelajah didunia maya (internet) dari tahun 2002 saya mengenal Anne Ahira, seorang perempuan berumur 24 saat itu telah berhasil menjadi seorang pebisnis via dunia maya. Dia berhasil mengumpulkan dollar setiap harinya dari program yang dia ikuti website dari Amerika, sampai akhirnya diundang ke Amerika. Waktu itu saya mengikuti program itu hanya saja saya tidak fokus karena banyak kendala dan kesibukan dibisnis dunia nyata. Dan sekarang Anne Ahira dengan programnya Asianbrain.com melanjutkan khusus wilayah Asia.

Bisnis Afiliasi

Sebelum membahas lebih lanjut, sebenarnya apa sih bisnis afiliasi itu? Semua orang pasti mengetahui "nyalo" (maaf ini bahasa umum, sedikit kasar). Nah, bisnis afiliasi itu sama persis hanya saja lebih elit, karena menggunakan tools yang lebih modern yaitu internet.

Jadi yang disebut bisnis afiliasi adalah kita menjualkan produk dari toko orang lain yang memberikan fasilitas untuk program afiliasi. Produknya bisa barang, jasa maupun software. Jika kita berhasil menjual sampai terjadi transaksi, maka kita akan memperoleh komisi yang besarnya diatur oleh pemilik toko tersebut.

Jenis Bisnis Afiliasi


Yang termasuk dalam bisnis afiliasi dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis seperti berikut ini :

1. Pay Per Sales (PPS)

Pay Per Sales adalah jenis bisnis affiliasi tradisional dimana seorang affiliate, dalam hal ini adalah diri kita, akan mendapat komisi setiap kali produk atau layanan milik penyedia jasa affiliate terjual. Contoh program affiliasi yang termasuk dalam kategori ini adalah Amazon, Clickbank, dan PayDotCom.

2. Pay Per Lead (PPL)

Pay Per Lead adalah jenis bisnis affiliasi dimana seorang affiliate akan mendapat komisi setiap kali ia berhasil mereferensikan orang lain untuk bergabung dengan program atau layanan tertentu. Contoh yang paling gampang adalah program Paypal Wishlist yang diselenggarakan oleh Paypal beberapa waktu yang lalu.

3. Pay Per Action (PPA)

Pay Per Action (PPA) adalah jenis bisnis affiliasi dimana seorang affiliate akan mendapat komisi setiap kali ia berhasil mereferensikan orang lain untuk melakukan suatu kegiatan sesuai dengan yang disyaratkan oleh penyedia program affiliasi. ‘Kegiatan’ di sini biasanya bersifat spesifik dan memiliki parameter-parameter tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya saja, mengisi survey, mengunduh software, dan sebagainya. Contoh program affiliasi jenis ini yang sedang naik daun adalah CPALead.

Nah, untuk mengikuti program bisnis afiliasi boleh dibilang tanpa modal. Modal sedikit berupa komputer dan internet. Karena tanpa itu bisnis afiliasi tidak bisa berjalan bahkan memualinya. Selain itu mesti telaten dan banyak belajar. Iya tentu harus banyak membaca dan belajar....masa mau kaya gak pake modal sama sekali.....ngepet aja pake modal. wkwkwkwkkw.....

Oke dech itu aja dulu nanti kita lanjut dengan artikel lain yang mudah-mudah bermanfaat.

Good Luck









Tidak ada komentar:

Posting Komentar